Mengenal Printing Modern

Dalam perkembangan dunia printing atau percetakan semua terpengaruh akan kemajuan teknologi, yang awalnya percetakan dilakukan secara manual hingga saat ini secara digital dan otomatis.
berikut kita coba mengenal jenis-jenis percetakan dan teknik percetakan yang sering kita temui.

1. Printing Sablon
Printing dengan teknik sablon adalah proses cetak yang paling sederhana dengan menggunakan media screen untuk menuangkan tinta. Proses sablon dilakukan secara manual dengan menyaput tinta yang telah di tuangkan di atas screen.
Meski secara manual ada banyak keuntungan yang dihasilkan printing sablon, salah satunya adalah bisa untuk cetak semua semua media. Proses sablon juga mudah dipelajari dan dilakukan oleh karena itu banyak usaha printing sablon yang dilakukan oleh semua usaha percetakan.

Ilustrasi Proses Sablon


2. Printing Press
Prosses cetak press adalah proses cetak yang menduplikat image dari mesin press ke media cetak, printing press biasanya menggunakan panas untuk menduplikat gambar. Proses printing press lebih mudah dilakukan dari pada proses sablon, hanya saja membutuhkan alat khusus yang digunakan untuk proses press.
dalam dunia percetakan kita mengenal proses press di antaranya sebagai berikut :
a. Sablon Press
b. Hotprint
c. Spot Laminasi
d. Finishing cetak embos, plong dan cutting.


Mesin hotprint-embos dan proses printing press

3. Printing Offset
Printing Offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta (wikipedia).
Saat ini printing offset juga berkembang menjadi digital printing, proses dasarnya sama hanya saja tidak lagi menggunakan negative film/plat film sebagai media master. Proses digital printing dapat langsung cetak dari komputer. Customer biasanya menyesuaikan kebutuhan saat harus menggunakan offset manual atau digital dua proses ini masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan.
Mesin Offset Printing Pratama Offset

Mesin Digital Printing 

Diatas adalah bentuk proses printing yang kita temui saat ini, jika ingin mengetahui lebih lanjut proses printing offset dari awal hingga finishing anda dapat menghubungi kami. 

Komentar

Postingan Populer